Sunday, January 6, 2013

Menentukan Tema dan Judul Karangan yang Menarik

Tema dan topik sangat dibutuhkan dalam pembuatan kerangka tulisan awal sebelum benar – benar menulis karena tema dan topik bersifat sebagai acuan dalam pengambilan data – data untuk di tuangkan ke sebuah tulisan . Tema dan topik juga berperan untuk pembatas agar sebuah tulisan tidak melenceng dari apa yang diinginkan dan menghasilkan sebuah karangan yang diinginkan oleh sang penulis tersebut.

Topik adalah pokok pembicaraan, pokok bahasan, atau masalah yang akan dibahas. Sebagai pokok atau pangkal bahasan, topik harus di identifikasi terlebih dahulu sebelum kegiatan menulis dilakukan. Topik bisa juga disebut pokok bahasan yang dapat mengantarkan seorang penulis untuk menghasilkan sebuah tema dari penelitian yang dilakukan. Topik dapat terdiri dari satu kata saja. Topik ini dapat dikembangkan menjadi sebuah tulisan yang harus di identifikasi agar terkuak apa maksud dibalik topik yang dipilih. 
Tema merupakan persoalan utama yang diungkapkan oleh pengarang dalam sesebuah karya kesusteraan seperti cerpen atau novel. Biasanya tema diolah berdasarkan sesuatu motif tertentu yang terdiri dari pada objek, peristiwa kejadian dan sebagainya.

Dalam menentukan tema dan judul yang baik dapat dilihat berdasarkan kriteria berikut ini : 
  • Judul yang baik
1. Harus relevan, yaitu harus mempunyai pertalian dengan temanya, atau ada pertalian dengan beberapa bagian penting dari tema tersebut. 
2. Harus provokatif, yaitu harus menarik dengan sedemikian rupa sehingga menimbulkan keinginan tahu dari tiap pembaca terhadap isi buku atau karangan. 
3. Harus singkat, yaitu tidak boleh mengambil bentuk kalimat atau frasa yang panjang, tetapi harus berbentuk kata atau rangklaian kata yang singkat. Usahakan judul tidak lebih dari lima kata. Jika pengarang tidak dapat menghindakna dari judul yang panjang (terpaksa), maka dapat menemouh jalan keluar dengan menciptakan judul utama yang singkat, tetapi judul tambahan yang panjang. 
  •   Tema yang baik 
    1. Tema harus menarik perhatian penulis.
    2. Tema harus diketahui/dipahami penulis.                                                                                  3. Tema harus Bermanfaat.

    4. Tema yang dipilih harus berada disekitar kita.
    5. Tema yang dipilih harus yang menarik.
    6. Tema yang dipilih ruang lingkup sempit dan terbatas.
    7. Tema yang dipilih memiliki data dan fakta yang obyektif.

    8. Tema yang dipilih harus memiliki sumber acuan. 
 
  Kesimpulan
 Menentukan sebuah topik , tema dan judul yang tepat wajib hukumnya bagi semua orang dalam pembuatan sebuah karangan tertulis karena membantu dalam penulisannya agar tertata rapi dan sesuai yang diinginkan dari maksud penulisannya, Judul yang baik adalah  Harus relevan , Harus provokatif, Harus singkat.
 
referensi :
http://novatyas.blogspot.com/2011/11/tema-topik-dan-judul.html
http://arifjacob.blogspot.com/2010/11/pengertian-judultema-dan-topik.html
 

No comments:

Post a Comment